Bukit Gronggong: Menikmati Cirebon Dari Ketinggian

Bukit Gronggong: Menikmati Cirebon Dari Ketinggian – Warga Cirebon dan sekitarnya ternyata tidak perlu jauh-jauh ke Puncak atau Lembang untuk bisa menikmati pemandangan dari ketinggian. Di Cirebon, terdapat destinasi wisata di kawasan dataran tinggi yang menyajikan panorama alam dan citylights. Objek wisata tersebut bernama Bukit Gronggong.

Sebagai tempat rekreasi, Bukit Gronggong menawarkan banyak destinasi dan kegiatan yang bisa dijajal bersama keluarga maupun orang tersayang. Bahkan, sejak dulu Bukitini sudah populer sebagai destinasi wisata romantis, lho!

Tiket Masuk Bukit Gronggong
Untuk memasuki kawasan Bukit Gronggong, wisatawan sama sekali tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Wisatawan cukup membayar untuk biaya parkir dengan harga yang terjangkau.

Jam Operasional
Kawasan wisata perbukitan ini bisa dikunjungi setiap hari dan kapan saja tanpa jam buka tertentu. Namun, ada juga beberapa tempat yang tidak dibuka 24 jam.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Bukit Gronggong adalah nama sebuah kawasan dataran tinggi di daerah perbatasan Cirebon dan Kuningan. Letaknya di sebelah selatan dari Kota Cirebon. Objek wisata ini dilintasi oleh jalur penghubung antara Cirebon dengan Kuningan, sehingga selalu ramai oleh wisatawan.

Suasananya yang asri sejak dulu menjadikannya salah satu destinasi bagi wisatawan yang berburu udara segar. Di musim hujan, bukit ini diselimuti hamparan rumput hijau dan pohon-pohon kersen yang meneduhkan. Saat ini Bukit Gronggong sudah berkembang menjadi kawasan wisata yang lebih modern dan menarik, terutama bagi kalangan muda zaman now.

Pemandangan Pagi dan Siang Hari

Daya tarik utama Bukit Gronggong terletak di pemandangan yang tersaji dari sana. Lokasinya sangat tepat untuk mendapatkan udara segar sekaligus suasana alam yang asri di sekitar Cirebon dan Kuningan. Waktu terbaik untuk berkunjung kemari adalah ketika musim hujan.

Baca Juga  Bukit Gronggong - Harga Tiket Masuk & Spot Terbaru 2020

Saat musim hujan, Bukit Gronggong akan diwarnai oleh hijaunya lahan rumput. Pemandangan ini dipercantik dengan sebaran pohon kersen berbagai ukuran. Wisatawan bisa berfoto ria dengan latar pemandangan yang cantik. Sekadar bersantai di bawah rindangnya pohon kersen pun tidak masalah.

Kawasan ini juga bisa dijadikan lokasi piknik. Cukup bawa tikar dan cari lokasi yang teduh. Sambil menyantap makanan, mata akan dimanjakan oleh pemandangan terasering sawah yang cantik. Suasana semakin menenangkan dengan ditemani semilir angin sepoi dan gemerisik dedaunan.

Wisata Malam

Di malam hari, wisatawan akan mendapatkan suasana yang berbeda dari siang hari. Bukit Gronggong jadi lokasi yang pas untuk menikmati langit malam dan citylights tanpa dihalangi bangunan apapun.

Tidak heran jika area perbukitan ini sering jadi tempat perayaan malam pergantian tahun. Di sini, pengunjung bisa menyaksikan kembang api mewarnai langit di malam hari secara leluasa.

Jagung bakar sedang dibumbui

Udara yang dingin tentu akan nikmat jika ditemani makanan atau minuman hangat. Rasakan lezatnya kesederhanaan dari jagung bakar dan kopi atau teh hangat yang dijajakan di kios-kios di sepanjang Bukit.Habiskan malam yang romantis bersama pasangan di Bukit Gronggong. Kawasan wisata ini memiliki beragam pilihan restoran dan kafe yang buka hingga malam. Salah satunya adalah Love Garden yang hadir dengan nuansa segar bertema kebun. Sajian utamanya adalah aneka macam steak.

View di Restoran Klapa Manis Bukit Gronggong Cirebon

Restoran lainnya yang direkomendasikan yaitu Klapa Manis. Dengan empat lantai dan pemandangan langsung ke kota, Restoran Klapa Manis bisa jadi pilihan untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang. Menunya beragam dan ditunjang dengan penerangan yang lembut di malam hari.

Baca Juga  Kota Cirebon Menyimpan Keunikan dan Keindahan

Suasana Pedesaan
Salah satu kamar di Desa Alamanis
Desa Alamanis Resort adalah penginapan dengan konsep pedesaan. – Foto: Google Maps/Desa Alamanis Resort Villa
Baca: JEMPOL WATERPARK Cirebon Tiket & Wahana

Ingin bermalam di Bukit Gronggong? Tidak perlu khawatir, karena di sini juga memiliki banyak akomodasi penginapan. Konsep dan harganya beragam, tinggal dipilih sesuai kebutuhan atau keinginan. Harganya mulai dari 100 ribu rupiah hingga jutaan per malam.

Salah satu penginapan yang sayang untuk dilewatkan adalah Desa Alamanis. Penginapan ini mengusung tema pedesaan yang tenang. Interiornya didominasi oleh nuansa kayu yang kental dan hangat. Penginapan ini pas bagi wisatawan yang ingin rehat dari kesibukan kota.

Wisata Edukasi Alam

Bukit Gronggong baru-baru ini juga memiliki destinasi wisata alam sekaligus edukasi yaitu Bukit Bambu. Sesuai namanya, Bukit Bambu menyajikan tema bambu sebagai daya tarik utama. Pengunjung bisa belajar lebih jauh mengenai bambu di sini. Bukit Bambu juga memberi kesempatan bagi pengunjung membuat sendiri cinderamata dari bambu.

Di samping itu, Bukit Bambu juga memiliki perkebunan, peternakan, dan kafe dengan bahan makanan dari kebun sendiri. Pengunjung bisa berinteraksi dengan domba, kuda, dan kelinci secara langsung. Selain itu, pengunjung dapat belajar berkebun sayur dan buah secara organik di sini juga, lho. Tertarik?

Fasilitas Bukit Gronggong
Pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di area parkir tempat wisata yang ingin dikunjungi masing-masing. Di sepanjang jalan terdapat restoran, karaoke, kafe, penginapan, dan kios makanan dengan saung peristirahatan. Toilet umum dan mushola yang nyaman juga tersedia di sini.

Lokasi Bukit Gronggong
Kawasan wisata perbukitan ini berada Jalan Cirebon – Kuningan, Gronggong, Kecamatan Cirebon Selatan, Jawa Barat. Jalan ini merupakan jalur penghubung daerah Cirebon dan Kuningan sehingga lokasinya strategis dan mudah ditemukan. Lebih mudah jika dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau roda dua.

Share It
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Sekarang Juga
Butuh Bantuan Sekarang ?
Hallo,
Ada Yang Bisa Kami Bantu ?